Tempat Pemandian Way Bekhak Tanggamus Lampung

Foto By @it_sight

Lokasi: Pekon Sukaraja, Gunung Alif, Tanggamus, Lampung
Map: Klik Disini
HTM: Rp.7.500 per Orang
Buka Tutup: 05.00-17.00
Telepon:

Tanggamus, biasanya orang-orang hanya mengetahui bila daerah ini memiliki perkebunan dan pantai. Padahal, sebenarnya terdapat pemandian alami yang sayang untuk dilewatkan bila Anda berkunjung ke kota wilayah Lampung tersebut.

Pemandian tersebut ialah Way Bekhak. Spot ini berada di Pekon Sukaraja, Gunung Alif, Tanggamus, Lampung.

Way Bekhak merupakan tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Apalagi bila Anda memiliki hobi bermain air.

Foto By @mondenk_29

Mengapa bisa demikian? Karena air yang keluar dari lokasi ini begitu segar dan keluar dari Gunung Alif. Masyarakat di sekitar tempat ini merupakan penduduk asli Lampung pesisir.

Tempat pemandian ini bukan hanya digunakan untuk lokasi wisata serta aktivitas warga saja, namun Way Bekhak juga berfungsi sebagai sarana irigasi sawah di sekitarnya.

Untuk area yang berdekatan dengan Way Bekhak tidak bisa ditanami padi karena lokasinya selalu berair serta tidak pernah kering.

Hal Menyenangkan

Foto By @masteguh78

Setelah penat seharian berwisata di berbagai objek wisata di Lampung, sepertinya, lokasi terakhir yang pas digunakan untuk merilekskan diri adalah Way Bekhak.

Di sini, Anda bisa mandi sembari menikmati jernihnya air dari gunung alami. Kegiatan yang menarik bukan?

Selain menikmati sejuknya air gunung, Anda bisa mengambil gambar asyiknya bermain di tempat pemandian.

Gambar-gambar indah akan Anda dapatkan di sini, apalagi di sekitarnya pemandangannya begitu hijau dan luas.

Air Terjun

Foto By @masteguh78

Spot paling menakjubkan ketika pengunjung jalan-jalan di sini adalah adanya ditemui air terjun kecil.

Untuk menuju ke air terjun ini, Anda tidak perlu menempuh perjalanan jauh, cukup berjalan kaki kurang lebih 10 meter saja dari pemandian.

Curup Way Bekhak ini begitu menakjubkan karena airnya begitu jernih. Bahkan penduduk yang tinggal di sekitar menuturkan jika airnya bisa langsung di minumi.

Air terjun di sini memang mini, namun debit airnya begitu deras dan panoramanya pun sangat cantik. Sumber air lain dari pemandian ini adalah akar pohon.

Fasilitas Yang Ada

Foto By @masteguh78

Ada sejumlah fasilitas yang bisa ditemui di Way Bekhak ini, salah satunya ya seperti tempat bilas.

Bila sudah selesai mandi di kolam renang, Anda tidak perlu cemas karena di sini juga terdapat tempat bilas.

Anda hanya perlu membayar seribu rupiah untuk menggunakan tempat bilas baik buat mandi atau berganti pakaian.

Selain tempat bilas, di sini juga terdapat kantin dan warung. Sehingga, setelah kedinginan menikmati air, Anda bisa langsung memesan makanan atau pun minuman.

Untuk masalah harga, makanan dan minuman di sini terbilang cukup terjangkau. Selain itu ada juga tempat parkir luas yang bisa menampung motor maupun mobil wisatawan.

Harga Tiket Masuk

Foto By @masteguh78

Pada dasarnya, lokasi wisata ini adalah jaringan irigasi namun oleh masyarakat setempat dijadikan sebagai tempat wisata karena melihat kejernihan air luar biasa.

Harga tiket masuk ke Way Bekhak ini hanya sebesar Rp 7.500 saja per orang. Sedangkan untuk motor Rp.8.000 dan mobil Rp.25.000.

Rute Menuju Lokasi

Foto By @aerlangga27

Tempat ini juga mudah untuk ditemukan karena akan disambut dengan tugu dan tulisan cukup besar Way Bekhak sebagai tanda agar wisatawan tidak tersesat.

Setelah sampai di tugu, Anda dapat melanjutkan perjalanan 200 meter ke perkampungan. Selama perjalanan, Kita akan disambut dengan batu khas pedesaan serta masyarakat yang begitu ramah di sini.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 200 meter, Kita bisa memarkirkan kendaraan ke tempat yang telah disediakan. Di tempat ini juga terdapat bangunan seperti pos ronda yang menjadi posko ke sana.

Jika sudah membayar tiket masuk, Kita harus menyusuri jalan setapak dan melalui lahan pertanian warga.

Kita hanya perlu melangkah sejauh 10 meter untuk bisa sampai di pemandian Way Bekhak yang super indah ini.

Oleh Oleh Lampung

Foto By @faida_thiago

Setelah selesai mengunjunginya, jangan lupa untuk membeli berbagai oleh-oleh khas dari Lampung seperti:

  • Dodol pandan.

Selain di Garut, Kita juga bisa menemukan dodol di Lampung. Dodol di sini dibuat dengan campuran pandan. Penjual serta orang yang menemukannya adalah Nyonya Wie.

  • Kerupuk udang.

Kerupuk udang pun juga menjadi oleh-oleh khas dari Lampung Barat. Cemilan ringan ini dibuat dari daging udang serta campuran tepung tapioka.

Foto By @mrs_olanoy

Bahkan ada juga produsen yang menambahkan bahan lain sehingga rasa kerupuk udang mereka buat menjadi lebih lezat. Oleh-oleh satu ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan.

  • Kopi lampung.

Siapa yang bisa menolak kenikmatan kopi lampung? Minuman dengan segudang penggemar ini memiliki aroma serta warna yang sangat memikat.

  • Kopi ulubelu.

Salah satu oleh-oleh yang juga wajib dibawa pulang dari kota Lampung namanya adalah kopi ulubelu.

Foto By @akbarazmiahmad

Nama ulubelu ini berasal dari daerah penghasil kopi yang khas dengan rasa asamnya di Tanggamus. Bahan minuman tersebut bahkan sudah sering diekspor hingga ke luar negeri.

Perbedaan antara kopi robusta dengan kopi ini adalah rasanya yang begitu khas dan bijinya bulat, bahkan mempunyai aroma mirip cokelat.

  • Kopi luwak.

Kopi luwak terbaik salah satunya berasal dari Indonesia. Rasa yang dimiliki berbeda dibandingkan dengan kopi yang tidak dari perut luwak. Anda wajib membanya sebagai oleh-oleh dari Lampung

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*