Yuk Snorkeling Atau Mancing di Pulau Tegal Pesawaran Lampung Saja

Foto By @luckyferdianto_

Lokasi: Gebang, Pesawaran, Lampung
Map: Klik Disini
HTM: Rp.25.000 per Orang
Buka Tutup: 24 Jam
Telepon:

Snorkeling Atau Mancing?

Lampung, siapa yang tidak mengenal daerah ini? Kota Gajah tersebut bahkan mempunyai pulau kecil begitu potensial untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Jika Kita berlibur ke Lampung, ada salah satu wisata tidak boleh Kita lewatkan, namanya adalah Pulau Tegal.

Foto By @donkingki

Pulau Tegal merupakan salah satu pulau eksotis yang hingga sekarang masih terjaga karena tidak banyak wisatawan mengetahui keindahan dari objek ini.

Pulau Tegal merupakan pulau berada di Desa Gebang, Pesawaran, Lampung. Spot ini mempunyai luas kurang lebih 98 hektare serta dihuni 20 KK (Kepala Keluarga).

Tempat ini mempunyai Topografi pantai pasir putih yang sangat landai di bagian Barat, Selatan, Timur, serta Utara.

Di Pulau Tegal terdapat pantai berbatu di Timur Laut, Barat Daya, Tenggara dan Barat Laut. Wilayah daratan Pulau Tegal berupa daratan tinggi sampai lereng bukit.

Jika Anda merupakan penggemar dari snorkeling dan diving, tempat ini begitu cocok untuk menikmati keindahan lautnya.

Kita dapat menemukan berbagai macam biota laut serta ekosistem yang beraneka di dalamnya.

Eksplore Lebih Dalam

Foto By @masandri94

Untuk menikmati keindahan alam bawah lautnhya, Kita harus berjalan ke tengah laut kurang lebih 20 meter. Tak perlu taku tenggelam karena kedalaman airnya hanya 50 cm saja saat sedang surut.

Nantinya, Kita akan menemukan terumbu karang yang mempunyai banyak keindahan biota laut di dalamnya. Pokoknya, cocok banget deh untuk aktivitas snorkeling.

Biota di sini ada berbagai macam jenis mulai dari sponge, bintang laut berwarna biru, karang kerak, hingga ikan-ikan kecil yang mengiringi Kita berenang.

Jika beruntung, penyu besar akan muncul di hadapan Kita. Meskipun belum begitu tenar seperti pulau lain, Pulau Tegal bisa mencuri perhatian dengan kelembuatan serta keindahan pasir putihnya.

Foto By @dwksma

Pulau Tegal kerap dijadikan penelitian kegiatan ilmiah mahasiswa yang sedang melakukan pratikum lapangan.

Mereka sering mengaplikasikan berbagai metode-metode untuk dasar kegiatan monitoring sebuah ekosistem terumbu karang.

Bukan hanya menjadi tempat untuk melakukan sejumlah kegiatan ilmiah, tempat ini juga menjadi lokasi ideal buat penyelam pemula agar bisa menguji kemampuan menyelam di perairan terbuka.

Pulau Tegal Mas tersebut relatif sepi pengunjung sehingga cocok bagi Anda yang ingin trip secara private.

Hal Yang Bisa Dilakukan

Foto By @hisumami

Sejumlah kegiatan menyenangkan dapat Kita lakukan di sini contohnya seperti diving dan snorkeling.

Namun bila Anda bosan melakukan diving dan snorkeling, Kita bisa menaiki tebing yang ada di dekat objek wisata ini.

Ketika mengunjungi lokasi ini, Kita akan melihat pemandangan begitu mengagumkan dan menyenangkan.

Setelah puas dari tebing, Kita bisa kembali berfoto sembari menikmati keindahan bersama dengan teman, sahabat dan keluarga.

Foto By @ndrian_syah

Bahkan, bila Anda memiliki channel Youtube atau mempunyai akun media sosial, Kita bisa membuat video berdurasi pendek yang memberikan penegasan tentang keindahan Pulau Tegal ini.

Setelah puas diving, snorkeling, menyusuri bukit hingga mengambil gambar untuk kebutuhan media sosial, Anda bisa mencoba duduk santai menikmati keindahan Pulau Tegal.

Seperti yang sudah dikatakan, objek ini juga memiliki pasir putih yang begitu indah. Mengapa Anda tidak mencoba untuk bermain pasir di sini?

Fasilitas Yang Ada

Foto By @trisuyarto

Sebenarnya, fasilitas yang ada di sini cukup lengkap. Karena untuk menyebrang di wisata ini saja banyak perahu yang disewakan, bahkan kamar kecil juga sudah tersedia.

Sedangkan untuk makanan, akan lebih baik jika Anda membawa bekal dari rumah, karena di sini hanya beberapa pedagang saja.

Apalagi jika datang di hari kerja, tidak begitu banyak penjual yang menjajakan dagangannya di pantai ini.

Rute Menuju Lokasi

Foto By @merikartika36

Ada beberapa alternatif dan dapat Anda gunakan untuk sampai di Pulau Tegal yang begitu indah ini.

Anda bisa memulai perjalanan di Pantai Muntun. Bila dari titik ini, dibutuhkan waktu selama 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

Sedangkan untuk rute lainnya yakni dari BBL Hanura. Jika dari sini, Anda hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam saja.

Jika dari Pantai Sari Ringgu, waktu penyebrangan akan lebih singkat karena Anda hanya memerlukan waktu selama 20 hingga 40 menit saja.

Untuk masuk ke pantai ini Anda membutuhkan biaya 15 ribuan per orang. Dari pantai ini, nantinya akan ada banyak penyedia jasa perahu penyebrangan dengan muatan penumpang hingga mencapai 15 orang.

Foto By @rienysmee

Masih bingung bagaimana cara untuk menuju ke pulau indah ini? Anda bisa menuju ke objek tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi. Agar tidak tersesat, bisa juga mengandalkan aplikasi Google Map.

Google Map akan memberikan Anda arah atau petunjuk untuk sampai di tempat indah ini.

Bila dari Bandar Lampung, Anda memerlukan waktu kurang lebih 45 menit. Memang tidak jauh dari pusat kota.

Dalam perjalanan, Anda bisa singgah barang sebentar untuk melihat wisata edukasi di Labuhan Agung.

Foto By @merikartika36

Jika ingin mengunjungi Pulau Tegal sebaiknya jangan ketika musim liburan, karena saat itu akan ada begitu banyak orang berkunjung ke sini.

Selain itu, usahakan mengatur jadwal liburan Anda dari jauh-jauh hari, karena biasanya penginapan di sekitar pantai ini akan cepat dipesan wisatawan lain.

Jika harus menginap di daerah lain, nantinya memerlukan waktu lebih lama untuk menjangkau tempat ini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*